Manfaat Singkong



Siapa tak kenal singkong? Tanaman ‘rakyat’ ini bisa dikatakan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya umbinya yang memiliki rasa yang khas, namun daun singkong pun bisa disulap menjadi sayuran yang sangat nikmat.

Sebagai penganan, umbi singkong diminati hampir di semua wilayah di Tanah Air. Umbi singkong juga dikenal sebagai makanan pokok di daerah tertentu. Di beberapa daerah, singkong (Manihot utilissima) dikenal dengan berbagai nama, seperti ubi kayee (Aceh), kasapen (Sunda), tela pohong (Jawa), tela belada (Madura), lame kayu (Makassar), pangala (Papua), dan lain-lain.

Tanaman singkong sangat mudah tumbuh. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis ini banyak ditanam di pekarangan, tanggul, ataupun sawah. Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan stek dari batang singkong tua.

Menurut pakar tanaman obat, Prof Hembing Wijayakusuma, efek farmakologis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan. Bagian yang umum dipakai pada tanaman ini adalah daun dan umbi.

Umbi singkong memiliki kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daun mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang, mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.

Selain sebagai makanan, tanaman singkong memiliki berbagai khasiat sebagai obat. Di antaranya obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, dan bisa meningkatkan stamina.

Mengatasi rematik bisa dilakukan dengan pemakaian dalam dan pemakaian luar.

Pada pemakaian luar, sebanyak lima lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.
Pada pemakaian dalam, 100 gram batang singkong, satu batang sereh, dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu, disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

Mengatasi sakit kepala, daun singkong ditumbuk lalu digunakan untuk kompres.

Sebagai obat demam, 60 gram batang pohon singkong, 30 gram jali yang telah direndam hingga lembut direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Ramuan disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

Mengatasi luka bernanah, batang singkong segar ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Untuk luka garukan, singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang sakit dan
diperban.

Obat luka karena terkena benda panas, singkong diparut lalu diperas. Airnya didiamkan beberapa saat hingga patinya mengendap, lalu patinya dioleskan pada bagian yang luka.

Mengatasi diare, tujuh lembar daun singkong direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.

Obat cacingan, 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan diminum airnya menjelang tidur.

Mengatasi beri-beri, 200 gram daun singkong dimakan sebagai lalap.

Untuk meningkatkan stamina, 100 gram singkong, 25 gram kencur, dan lima butir angco yang telah dibuang bijinya, diblender dengan menambahkan air secukupnya. Lalu tambahkan madu dan diminum.

11 comments:

Anonim mengatakan...

mana mungkin sinkong punya manfaat!!!!
aneh kali

Anonim mengatakan...

Eh, idiot. Lu sok bule sok modern sok pinter ye, bilang Singkong gak ada manfaat. Justru orang bule dan medis modern yang bilang singkong berguna buat pengobatan. Dasar idiot kampung! Nih, baca: http://www.articlesbase.com/medicine-articles/yuca-cassava-root-can-help-arthritis-1391143.html

akhmad mengatakan...

infonya bagus

http://www.akhmad06.student.ipb.ac.id

deChie mengatakan...

kok gak jelas gitu pa kau
gak jelas oooooooooooiiiiiiiii
gak pandai ya dah..
mn mungkn getu manfaatnya

Anonim mengatakan...

@misbah;
rematik bisa pakai batangnya?
bagaimana caranya yg masih basah ato yg kering?
mksh tanggapannya, krena sy perlu utk ortu sy.
tq

Anonim mengatakan...

@misbah jawaban / masukan krm ke ujang.misbah@gmail.com
mksih..

Anonim mengatakan...

klo d ambon namanya kasbi!!

Diana Sesarin mengatakan...

terima kasih buat infonya.

jual mengatakan...

kok gak ada komen balik dari TS nih! http://dijualdijual.com apa ini blog dummy aja ya!? cuma buat link ke iklan ni blog....?????

Unknown mengatakan...

Manfat singkong slain bikin prut kenyang jg jdi obat wasir loe...
Nama aq arief di jember aq trkena wasir stadium 4 di fonis oprasi pengangkatan wasir, lantas aq brtaxa "dokter apa dgn oprasi wasir dpt sembuh? bisa untk meringankanx bahkan sembuh tpi bisa jg terkena komplikasi stelah pembedahan bahkan sakit dri oprasi bisa 12minggu dan sakitx lebih hebat dari sbelum dibedah jawabx jdi aq memutuskan utk herbal,alhamdulillah dgn memakan tape singkong 3x shari dlam shari ampuh menghilangkan rasa sakit dan pendarahan diwasir

Stepanus Agung.W mengatakan...

Di jaman sekarang ini kebutuhan singkong lebih banyak lagi yaitu untuk tepung tapioka dan penggati bahan bakar minyak bumi yaitu dengan nama bioetanol. Kedua jenis hasil olahan singkong tersebut membuat singkong saat ini menjadi sumber bahan baku yang di cari oleh pabrik pengolah dan pada akhirnya membuat harga singkong semakin stabil dan berharga. Saat ini saya sedang mengembangkan pentanian menanam singkong dengan target hasil panen yang lebih banyak dari cara cara yang selama ini dipakai oleh para petani.